ALQURAN SEBAGAI SATU-SATUNYA PETUNJUK YANG PALING HAQ/LURUS/BENAR/LOGIS (KAJIAN ALQURAN)

Selama ini al qur`an hanya di baca tanpa di pahami .lalu jika al quran cuma dibaca, dan TIDAK MAU MENELITI DAN MEMIKIRKANNYA bagaimana bisa menyelesaikan perselisihan,bagaimana bisa mendapat petunjuk, bagaimana bisa tahu kasih sayang ALLAH pada kita..?? sebelum anda membaca artikel ini lebih lanjut, saya harap anda berani untuk memikirkannya dengan logika akal dan logika qolbu (bahasa kesadaran).

an-nahl (16. 64)
'' Dan Kami tidak menurunkan kepadamu Kitab (Al-Qur'an) ini, melainkan agar kamu dapat menjelaskan kepada mereka apa yang mereka perselisihkan itu dan menjadi petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman''.

       
      selama ini al qur`an hanya dijadikan bacaan ,yang selama ini kita diberi keterangan-keterangan ,bahwa alquran dibaca untuk mendapat pahala .
      pahala artinya balasan,kalau kita sering membaca DAN TIDAK PERNAH MENGKAJI/ MENTADABBURI ALQURAN, ya balasannya kita menjadi lancar membaca .Hanya sebatas sampai tenggorokan, lalu bagaimana bisa mendapat petunjuk....??

    AL QUR`AN UNTUK MENYELESAIKAN PERSELISIHAN

asy-syuura (42 .10)
'' Tentang sesuatu apapun kamu berselisih, maka putusannya  kepada Allah. itulah Allah Tuhanku. Kepada-Nya lah aku bertawakkal dan kepada-Nyalah aku kembali''.

al maidah (5. 49)
 ''dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa-apa yang diturunkan Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebahagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu. Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allah), maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah menghendaki akan menimpakan mushibah kepada mereka disebabkan sebahagian dosa-dosa mereka. Dan sesungguhnya kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik''.

inilah konsep hukum, bahwa segala sesuatu yang kita lakukan , berhukumnya pada ALLAH yaitu dengan al qur`an. lalu sudahkah yang kita lakukan sesuai dengan al qur`an...?

    YANG DISAMPAIKAN PARA NABI ITU WAHYU

al-ahqaaf (46. 9)
 Katakanlah: "Aku tidak bit`ah (tidak mengada-ada/ yang aku sampaikan bukan perkara baru) atas rasul-rasul itu dan aku tidak mengetahui apa yang akan diperbuat terhadapku dan tidak (pula) terhadapmu. Aku tidak lain hanyalah mengikuti apa yang diwahyukan kepadaku dan aku tidak lain hanyalah seorang pemberi peringatan yang nyata".

perhatikan ayat di atas:
-yang disampaikan nabi adalah perkara yang sudah pernah di sampaikan rosul-rosul jaman dulunya.
-nabi tidak tahu apa yang akan dilakukan ALLAH.
-yang diikuti hanya wahyu (al qur`an)

itu berarti nabi bukanlah pembuat hukum ,melainkan pelaksana hukum . hanya pemberi bukti nyata, itu berarti yang disampaikan itu apa adanya,tidak ditambah-tambahi,sesuai dengan wahyu alqur`an. Dengan begitu apapun keterangan yang mengatas namakan nabi harus sesuai dengan wahyu . jika kita temukan /di beri keterangan yang tidak sesuai al qur`an ,maka itu bukan dari nabi.
      Dan hukum itu bukan dari nabi, Tetapi dari al qur`an , sesuai dengan ayat diatas 42.10 dan 5.49.


-nabi hanya pemberi bukti

al-an`am (6. 50)
 Katakanlah: Aku tidak mengatakan kepadamu, bahwa perbendaharaan Allah ada padaku, dan tidak (pula) aku mengetahui yang ghaib dan tidak (pula) aku mengatakan kepadamu bahwa aku ini menguasai. Aku tidak mengikuti kecuali apa yang diwahyukan kepadaku. Katakanlah: " samakah orang yang buta dengan yang melihat?" Maka tidakah kamu berfikir?"

Perhatikan ayat diatas:
-nabi itu tidak punya perbehendaraan ALLAH
 * nabi tidak punya  perbehendaraan ALLAH baik harta maupun ilmu.
-nabi itu tidak tahu hal-hal ghaib.
-nabi itu tidak memiliki kuasa.
-yang diikuti nabi hanya  wahyu.
 *yang diikuti nabi hanya wahyu(al qur`an).Nabi hanya mengikuti al qur`an itu. itu berarti yang disampaikan nabi sesuai dengan al qur`an,nabi juga berhukum dengan al qur`an.Apabila kita mendapat keterangan-keterangan yang mengatasnamakan nabi, kita harus mengeceknya dengan alqur`an . jika tidak sesuai dengan al qur`an, itu berarti bukan dari nabi. hal itu karena yang di sampaikan nabi sesuai dengan alqur`an.
 perhatikanlah penutup ayatnya:
 " samakah orang yang buta dengan yang melihat?" Maka tidakah kamu berfikir?"
-anak TK pun tahu orang buta tidak sama dengan melihat. lalu mengpa ALLAH sampai menurunkan ayat seperti ini. ini keterlaluannya manusia. tidak bisa membedakan buta dangan melihat, tidak bisa membedakan yang mana wahyu dan yang mana yang bukan.
  yang di sampaikan nabi itu wahyu al qur`an, jika kita mengaku mengikuti nabi yang kita ikuti adalah wahyu bukan yang lain,  yang kita ikuti adalah wahyu bukan pribadinya.


al-anbiyaa (21. 45)
 Katakanlah (hai Muhammad): "Sesungguhnya aku hanya memberi peringatan kepada kamu sekalian dengan wahyu dan tiadalah orang-orang yang tuli mendengar seruan, apabila mereka diberi peringatan"

Perhatikan ayat diatas:
-yang nabi sampaikan itu hanya wahyu/al qur`an.
wahyunya itu al qur`an, bukan yang lain.
               

    tetapi kita mendapat keterangan, yang mengatas namakan nabi bahwa berhukum dengan al qur`an dan al hadits.
    berdasar al qur`an  42.10 dan 5.49 berhukum itu pada ALLAH .


Mungkinkah nabi berani mengubah-ubah hukum...??. mungkinkah nabi mengingkari al qur`an wahyu dari ALLAH yang dia sampaikan sendiri..??

# MENGENAI HADITS
BACA SELENGKAPNYA : Arti hadist dan makna as sunah dalam kajian alquran
az-zumar (39 .23)
 Allah telah menurunkan HADIST yang paling baik (yaitu) Al-Qur'an yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang , gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpinpun.

Perhatikan ayat diatas:
- AL QUR`AN itu HADITS YANG PALING BAIK


luqman (31.6)
'' Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan LAGHWAL HADIST untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan''.
luqman (31.7)
'' Dan apabila dibacakan kepadanya  ayat-ayat Kami dia berpaling dengan menyombongkan diri seolah-olah dia belum mendengarnya, seakan-akan ada sumbat di kedua telinganya; maka beri kabar gembiralah dia dengan azab yang pedih''.

Perhatikan ayat diatas:
-ternyata dari manusia ada yang menggunakan laghwal hadist untuk menyesatkan .
lalu apa itu laghwal hadist ..?

    hadist artinya perkabaran, laghwa artinya olok-olok


an-nisaa (4.81)
'' Dan mereka (orang-orang munafik) mengatakan : " ta'at". Tetapi apabila mereka telah pergi dari sisimu, sebahagian dari mereka mengatatakan apa-apa yang tidak kamu sampaikan . Allah menulis apa-apa yang mereka katakan itu , maka berpalinglah kamu dari mereka dan tawakallah kepada Allah. Cukuplah Allah sebagai wakil''.

Perhatikan ayat diatas:
-nabi itu tidak tahu jika di belakang nabi, orang-orang itu menyampaikan yang bukan dikatakan nabi.
dan dengan turunnya ayat ini, di beri tahulah nabi bahwa ada orang-orang yang seperti itu.
-nabi di perintah berpaling dan bertawakal. berarti nabi tidak dapat berbuat apa-apa .dan memasrahkannya pada ALLAH, karena hal itu sudah di luar kendali dan tak terkendali .
 LHO.. Berartikan hal-hal seperti itu MASIH TERUS BERLANGSUNG.. perlu di ketahui ini terjadi ketika nabi masih ada..
  OLEH KARENA YANG DI SAMPAIKAN NABI AYAT..  maka,
- cukuplah Allah sebagai wakil. oleh karena itu ALLAH cukup sebagai wakil .berarti kita harus kembali pada ALLAH , yaitu melalui mempelajari,menganalisa ayat-ayat. Dengan begitu kita berhukum pada ALLAH dan tujuan kita adalah ALLAH.Dan secara otomatis kita sudah mangikuti ajaran nabi,sesuai dangan al qur'an.


 al-jaatsiyah (45.6)
 'Itulah ayat-ayat Allah yang Kami membacakannya kepadamu dengan sebenarnya; maka dengan HADIST MANA LAGI mereka akan beriman sesudah  Allah dan keterangan-keterangan-Nya''.

Perhatikan ayat diatas:
Lalu yang mana yang akan anda imani....?? tentu saja AL QUR-AN kan.

NAH.. ,apakah dengan membaca al qur'an saja kita dapat mengerti seperti di atas..??
         CUKUPKAH HANYA MEMBACA..??
               APA ANDA MENGARTI APA YANG ANDA BACA..??
         APA ANDA SUDAH DAPAT PETUNJUK..??
                PETUNJUK APA..??
TERNYATA..,Membaca saja kita tidak cukup.Buktinya kita diputer-puterkan tidak tahu....
maka dari itulah mari kita kembali ke AL QUR'AN PETUNJUK KITA.

SEMAKIN KITA DEKAT DENGAN KITAB HADIST NABI, PASTI KITA AKAN SEMAKIN JAUH DENGAN HADIST TERBAIK YAITU ALQURAN..!!
SELAMA KITA MENCARI KEBENARAN TIDAK MEMAKAI LOGIKA AKAL/LOGIKA QOLBU, HANYA PEMBODOHAN/KEBODOHAN YANG AKAN KITA TERIMA..!! MESKIPUN SEUMUR HIDUPMU KAU HABISKAN UNTUK MENCARI KEBENARAN ITU..!!"                               *SEMOGA ANDA BERANI MEMIKIRKANYA*


RELATED POST :

-  Apakah assunah itu hadist nabi atau hadist nabi itu pasti assunnah? sebenarnya kita ini di suruh mengikuti hadist nabi atau assunnah?
ARTI HADIST NABI DAN MAKNA ASSUNNAH (KAJIAN ALQURAN)

- BENARKAH ADAM MANUSIA PERTAMA? (KAJIAN ALQURAN)

- Benarkah ada siksa kubur? benarkah sakaratul maut itu menyakitkan?
KEHIDUPAN SESUDAH MATI. BENARKAH ADA SIKSA KUBUR (KAJIAN ALQURAN)

- HADITS Tentang LARANGAN MENULIS HADITS

- RUKUN IMAN dalam ayat alquran (kajian alquran)

- Benarkah MITOS habib/habaib itu keturunan nabi muhammad?? (KAJIAN ALQURAN)
HABIB KETURUNAN NABI MUHAMMAD? (KAJIAN QURAN)

0 komentar