BENARKAH SHIRATHAL MUSTAQIM ITU JEMBATAN SETIPIS PEDANG (KAJIAN ALQURAN)

http://kajian-ayat-quran.blogspot.com/ : - Apakah benar Shirathal Mustaqim itu jembatan seperti rambut dibelah tujuh? Jembatan ini adalah jembatan yang perlu dilewati siapa juga tanpa ada kecuali pada saat hari kiamat tiba. Jembatan ini disebut-sebut juga sebagai penghubung pada neraka serta surga. Serta menurut narasi yang beredar, jembatan ini seperti rambut yang dibelah tujuh.

Mengenai CERITA ini berkembang lantaran penafsiran dari Surah Al Fatihah yang di dalamnya dimaksud kata “Shirathal Mustaqim”. Sebagian ulama yakini, makna “jalan yang lurus” yaitu jembatan yang lurus serta panjang. Wallahualam. Serta tak ada dalil yang shahih yang menyebutkan bahwa Shirath seperti rambut yang dibelah tujuh.

Dalam kisah diketemukan bahwa nama jembatan ini yaitu jembatan Shirath yang terbentang di atas neraka menuju ke surga. Seluruhnya manusia bakal melewatinya sesuai sama amalan mereka. Ada yang jatuh ke neraka, ada yang melewatinya dengan cepat serta ada yang melewatinya dengan lambat. Dalam satu kisah menyampaikan, bahwa ada satu jembatan di atas neraka Jahanam yaitu hadist yang berarti berbunyi :

“Maka dibuatlah As Shirath diatas Jahanam, ” Hadist Riwayat Al Bukhori dan Muslim

Diriwayatkan pula bahwa jembatan ini lebih lembut dari rambut dan lebih tajam dari pedang. Seperti ucapan Abu Sa’id Al Hudri “Sampai kepada ku bahwa jembatan ini (As Shirath) lebih lembut dari rambut dan lebih tajam dari pedang” hadist riwayat Imam Muslim.

Diriwayatkan oleh Imam Al-Turmudzi di dalam kitab sunannya dari Ibnu Mas’ud radhiallahu ‘anhu bahwa Nabi Muhammad salallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Manusia akan melalui neraka, kemudian mereka akan keluar darinya dengan amal-amal mereka, di antara mereka ada yang melaluinya secepat kilat, kemudian secepat angin, kemudian secepat lari kuda, kemudian secepat penunggang, kemudian secepat larinya seseorang kemudian seperti berjalannya." [Hadits Riwayat Al-Turmudzi: no: 3159]
Hadits ini diperkuat dengan hadits yang diriwayatkan di dalam as-shahihaini. Dan shirat yang disebutkan di dalam hadits adalah jembatan yang dipasang di atas neraka jahannam, dia adalah jembatan yang sangat tipis sekali sebagaimana disebutkan di dalam riwayat Abi Sa’id Al-Khudri radhiallahu ‘anhu bahwa dia berkata, “Telah sampai kepadaku bahwa shirath tersebut lebih tipis dari  rambut, dan lebih tajam dari pedang." [Shahih Muslim: no: 183]
Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim dari Abi Sa’id Al-Khudri radhiallahu ‘anhu bahwa Nabi Muhammad salallahu ‘alaihi wa salam bersabda pada sebuah hadits yang sangat panjang, “Kemudian jembatan terpasang di atas neraka Jahannam, syafaat diberikan, dan mereka berkata; Ya Allah selamatkan, dikatakan wahai Rasulullah!, bagaimanakah hakikat jembatan tersebut?. Dahdu Mazallah. Di dalam kitab Al-Hasyiah disebutkan Al-Dahdu dan Mazallah memiliki satu makna yaitu tempat tergelincirnya kaki dan tidak pernah menetap- padanya teradapat besi yang menyambar, dan cakar besi, serta duri.  Maka orang yang beriman akan melaluinya secepat kilat, secepat angin, secepat burung, secepat kuda tunggangan yang bagus, secepat penunggang, maka orang muslim akan selamat, dan ada yang tercakar akhirnya terjatuh dan ada yang tertimbun di dalam api neraka, sehingga lewatlah orang yang terakhir lalu ditarik dengan sekuat-kuatnya..". [Shahih Muslim: no: 183 dan shahih Bukhari: no: 4581]



PENGERTIAN SHIROOTHOL MUSTAQIM DALAM KAJIAN AYAT ALQURAN

al-fatihah ayat 6 : Tunjukilah kami SHIROOTHOL MUSTAQIM.

dalam stiap sholat 5 waktu kita slalu berdoa/ memohon ditunjuki shiroothol mustaqim.

apakah shiroothol mustaqim itu..?? apakah jembatan DIATAS NERAKA yg sebesar rambut dan setajam pedang dan yg sangat licin..?? apakah shiroothol mustaqim itu titian di akherat yg sesuai jalan hidup kita waktu kita hidup didunia..??

mari kita kaji apa pengertian shiroothol mustaqim DARI SUMBER yg PALING TERPERCAYA:

lihat an-naml;121 (16:121) => mensyukuri nikmat-NYA, DIA memilihnya dan menunjukinya kepada SHIROOTHOL MUSTAQIM.

*. al-hajj 54 => dan agar mengetahui orang2 yg diberi ilmu, bahwa dia haq (logis/benar) dari Tuhanmu, lalu mereka beriman dengannya, maka hati mereka menyerah untuk-NYA. sesungguhnya ALLAH menunjuki orang2 beriman kepada SHIROOTHOL MUSTAQIM.

*. an-nur 46 => sesungguhnya Kami telah menurunkan ayat2 yg menerangkan. dan ALLAH menunjuki siapa yg DIA kehendaki kepada SHIROOTHOL MUSTAQIM (jalan yg lurus/ tuntunan yg kokoh)

*. al-maidah 16 => Allah menunjuki dengannya (alquran itu) siapa yg mengikuti keridhoan-NYA, selaku garis hukum keselamatan. dan mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya dgn ijin-NYA. DIA tunjuki mereka kepada SHIROOTHOL MUSTAQIM (jalan yg lurus/ tuntunan yg kokoh).

*. al fath 2 => agar ALLAH mengampuni bagimu yg terdahulu dari dosamu dan yg kemudian, dan DIA sempurnakan nikmat-NYA atasmu dan menunjuki engkau SHIROOTHOL MUSTAQIM (tuntunan yg kokoh/ jalan yg lurus).

*. az zukhruf 43 => maka berpeganglah dgn apa yg diwahyukan kepadamu. sesungguhnya engkau atas SHIROTHOOL MUSTAQIM (tuntunan yg kokoh/ jalan yg lurus).

*. az zukhruf 64 => sesungguhnya ALLAH Tuhanku dan Tuhanmu, maka sembahlah DIA. inilah SHIROOTHOL MUSTAQIM.

*. Al mukminun 73 => dan sesungguhnya engkau menyeru mereka kepada SHIROTHOOL MUSTAQIM.

*. al- an'am 153 => bahwa (al quran) ini adalah SHIROOTHOL MUSTAQIMKU (tuntunanku yg kokoh/ jalanku yg lurus), maka ikutilah dia (alquran itu). dan jgn ikuti garis hukum yg lain, maka hal itu akan memisahkan (mencerai beraikan) kamu dari garis hukum-NYA. itulah yg DIA wasiatkan padamu tentangnya, semoga kamu bertaqwa (menginsyafi).

*** SHIROOTHOL MUSTAQIM itu adalah ALQURAN itu sendiri..!!! ALQURAN ITULAH JALAN YANG LURUS..!! SHIRATHAL MUSTAQIM BUKANLAH JEMBATAN YANG SETIPIS RAMBUT. SHIRATHAL MUSTAQIM yang di maksud di dalam alquran adalah JALAN YANG LURUS (YAITU ALQURAN ITU SENDIRI JALAN YANG LURUS)

lihat juga :

yaasin ayat 4 dan 61.

al an'am ayat 126 dan 161.

asy syuura ayat 52.

maryam ayat 36.

ali imran ayat 51 dan 101.

ash shoffaat 118.

an nisaa ayat 175.

SELAMA KITA MENCARI KEBENARAN TIDAK MEMAKAI LOGIKA AKAL/LOGIKA QOLBU, HANYA PEMBODOHAN/KEBODOHAN YANG AKAN KITA TERIMA..!! MESKIPUN SEUMUR HIDUPMU KAU HABISKAN UNTUK MENCARI KEBENARAN ITU..!!"
RENUNGKAN ITU...!!

setiap sholat kita meminta di beri shiratal mustaqim (jalan yang lurus), tapi ketika manusia di beri jalan yang lurus (shiratal mustaqim=alquran) anehnya manusia malah mencari yang lain, manusia malah  LARI DARI ALQURAN (shirootol mustaqim=jalan yang lurus tadi) dengan merujuk kitab lain yang belum tentu kebenarannya (kitab hadist nabi).
di kiranya alquran tidak bisa menjelaskan, dikiranya alquran hanya bisa di pahami oleh orang2 terdahulu saja. semakin kita larut dengan kitab hadist nabi, kita akan semakin jauh dengan shiratal mustaqim = alquran..!!
alquran hanya sebatas di baca tanpa dikaji, tanpa di telaah dan diteliti kandungan2 ayatnya. yang pada akhirnya semuanya hanya sampai sebatas tenggorokannya... tidak sampai pada qolbunya..

RELATED POST :
 - Apakah assunah itu hadist nabi atau hadist nabi itu pasti assunnah? sebenarnya kita ini di suruh mengikuti hadist nabi atau assunnah?
ARTI HADIST NABI DAN MAKNA ASSUNNAH (KAJIAN ALQURAN)

- BENARKAH ADAM MANUSIA PERTAMA? (KAJIAN ALQURAN)

- Ada kehidupan masyarakat manusia di luar planet bumi menurut alquran.
UFO DI LUAR PLANET BUMI MENURUT ALQURAN (KAJIAN ALQURAN)

- BENARKAH MANUSIA TERGADAI OLEH AQIQAH?? (KAJIAN ALQURAN)

- Benarkah MITOS habib/habaib itu keturunan nabi muhammad?? (KAJIAN ALQURAN)
HABIB KETURUNAN NABI MUHAMMAD? (KAJIAN QURAN)

- Benarkah ada siksa kubur? benarkah sakaratul maut itu menyakitkan?
KEHIDUPAN SESUDAH MATI. BENARKAH ADA SIKSA KUBUR (KAJIAN ALQURAN)

- ALQURAN SEBAGAI SATU-SATUNYA PETUNJUK YANG PALING HAQ (logis,benar,lurus) dalam KAJIAN ALQURAN.

- TRADISI IDENTIK DENGAN MENGIKUTI AJARAN NENEK MOYANG (KAJIAN ALQURAN)



0 komentar